Jangan Buru-Buru! Siapkan Hal Ini Sebelum Memutuskan Menikah

Menikah merupakan salah satu bentuk ibadah yang tidak hanya sekedar kata “ayo nikah” saja. Pada kenyataannya, menikah membutuhkan persiapan lahir batin yang matang agar tidak menjadi permasalahan dari kedua belah pihak setelah menikah nantinya. Apalagi untuk menjadi sebuah keluarga sakinah, mawadah dan warhamah tidak semudah seperti bayangannya. Kehidupan pasca menikah tentu saja sangat berbeda dari kehidupan lajang, karena menikah bukan hanya menyatukan dua orang, namun menyatukan dua keluarga atau bahkan dua kebudayaan yang berbeda. Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah? Yuk simak ulasan-ulasan berikut ini.

  • Persiapan Spiritual

    istimewa

    persiapan spiritual sebelum menikah

Sesekali, untuk Anda yang berencana menikah dalam waktu dekat ini, mungkin pernah dilanda perasaan was-was, khawatir, ragu, cemas dan lain sebagainya yang dapat mengganggu pikiran dan suasana hati.  Disinilah pentingnya persiapan secara spiritual untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Beberapa ulama bahkan juga menyarankan bagi kedua calon mempelai untuk melakukan shalat istikharah dan berpuasa untuk membuat batin lebih tenang dan ikhlas. Pada intinya, persiapan spiritual bertujuan untuk menguatkan mental dan meningkatkan kesiapan menuju hari-H pernikahan.

  • Persiapan Finansial

    istimewa

    Pentingnya perhitungan fianancial sebelum menikah untuk kedepannya

Tak bisa dipungkiri bahwa uang selalu menjadi salah satu sumber permasalahan di rumah tangga. Menikah memang mendatangkan bahkan melipatgandakan rezeki, namun tidak ada salahnya mempersiapkan kondisi finansial yang matang sebelum menikah, terutama kaum laki-laki. Kondisi keuangan yang baik bukan hanya modal untuk membangun rumah tangga harmonis, namun juga sebagai bentuk tanggung jawab untuk menafkahi istri, calon anak-anak nantinya dan juga persiapan untuk hal-hal lain seperti kesehatan dan kesejahteraan. Diskusi tentang finansial dengan pasangan juga penting. Jangan sampai terjadi missed komunikasi terkait pengaturan penggunaan keuangan nantinya setelah menikah.

  • Persiapan Material

    istimewa

    persiapan hunian sebelum menikah

Persiapan material yang dimaksud bukan dengan memiliki barang-barang mewah atau rumah besar. Paling tidak, diskusikan bersama pasangan tentang tempat tinggal yang akan ditempati nantinya setelah menikah. Misalnya akan menyewa rumah (bagi yang belum memiliki rumah) atau tinggal di rumah orang tua. Diskusikan secara matang agar tidak menjadi masalah pasca menikah nanti.

  • Persiapan Kesehatan

    istimewa

    mempersiapkan kesehatan masing-masing sebelum menikah

Persiapan kesehatan secara khusus merujuk pada kondisi reproduksi dari kedua calon mempelai. Beberapa kasus perceraian sering menggunakan alasan ini untuk berpisah dengan pasangan. Tidak ada salahnya melakukan medical check up terkait kondisi reproduksi, apakah normal atau terdapat indikasi tertentu yang menyebabkan sulitnya mendapatkan anak nantinya. Ini bukan masalah sepele, mengetahui kondisi pasangan sejak dini bisa meminimalisir risiko pertengkaran yang berujung perceraian.

  • Persiapan Visi dan Misi

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa sebuah ikatan suci pernikahan menyatukan dua kepribadian yang berbeda. Jangan sampai perbedaan prinsip membuat rumah tangga berantakan. Tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengobrol dengan pasangan tentang bagaimanan visi dan misi dari masing – masing pihak. Bagaimana cara Anda dan pasangan Anda menyelesaikan masalah, bagaimana cara mendidik anak, apa yang harus dilakukan saat terjadi pertengkaran hebat dan kondisi-kondisi lainnya yang mungkin saja terjadi di tengah rumah tangga Anda. Persiapan ini juga menjadi unsur penting karena dua orang yang berbeda memiliki cara yang berpikir yang berbeda.

Jadi pada intinya, menikah membutuhkan persiapan-persiapan yang matang. Berencana menikah dalam waktu dekat ini? Yuk praktekkan ulasan-ulasan diatas supaya Anda merasa siap secara

You may also like...