Bangun Subuh Itu Sehat Loh!

Sering mendengar bahwa bangun pagi atau tepatnya pada waktu Subuh adalah kebiasaan yang baik? Ya, kita sering mendengar pernyataan tersebut, namun tak banyak dari kita yang mengetahui alasan dibaliknya. Maka di sini tepatnya akan membahas apakah bangun Subuh itu benar-benar membuat tubuh kita sehat.

Bagi yang beragama Islam, bangun pada sekitar pukul 04.00 pagi sebelum matahari terbit sampai 05.00 pagi tentunya sudah menjadi kebiasaan karena adanya ibadah yang perlu dilakukan pada waktu tersebut. Ibadah tersebut adalah shalat Subuh, karenanya pukul 04.00 pagi sampai pukul 04.30 pagi kerap disebut sebagai waktu Subuh atau Subuh pagi.

Di agama Islam dijelaskan bahwa bangun pada waktu Subuh sangatlah dianjurkan, terutama pada sepertiga malam yang dilanjutkan hingga pagi.

“Ketika kalian tidur, syetan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR. Al Bukhari)

Namun tidakkah kalian penasaran adakah alasan secara medis mengapa bangun Subuh sangat dianjurkan? Tentunya Islam selalu memiliki alasan dibalik aturannya.

Dunia pendidikan dan penelitian memang sudah menjadi sangat canggih pada masa ini berkat para peneliti yang selalu penasaran tentang berbagai hal. Mengenai bangun di waktu Subuh pun sudah terdapat penelitian untuk membuktikannya.

Sungguh sangat dijelaskan dalam Islam bahwa orang yang bangun di pagi hari tepatnya di waktu Subuh akan memiliki semangat dalam menjalani kegiatan hariannya. Suasana pagi hari yang segar akan memberikan aura dan energi yang positif selama satu hari penuh. Ditambah dengan ibadah dan berdoa, kalian akan merasakan jiwa yang tenang dan diberkahi sepanjang hari.

istimewaTerdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh ilmuwan bernama Daniel F, Kripke pada lebih dari satu juta orang Amerika mengenai waktu tidur.

Selama enam tahun, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur yang baik adalah tidur selama 7 jam, namun orang yang tidur selama 8 tahun atau lebih memiliki kemungkinan untuk meninggal lebih cepat.

Kripke mengatakan, “Kalian sungguh tidak perlu tidur selama delapan jam dan kalian tidak perlu khawatir mengenai hal itu. Terbukti sangat aman untuk tidur hanya selama tujuh, enam, atau bahkan lima jam dalam semalam.”

Salah satu alasan bahwa bangun Subuh adalah menyehatkan, yaitu kita dapat mengatur waktu dengan baik. Saat kita bangun pada waktu Subuh, kita akan memiliki waktu untuk menikmati sarapan yang baik dengan tenang. Kita tidak akan melewatkan sarapan seperti saat kita bangun terlalu siang. Bangun telat hanya membuat kita terburu-buru, sedangkan Islam melarang ketergesa-gesaan dalam terburu-buru.

Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa sarapan adalah sesi makan yang paling penting dalam sehari karena lambung tak terisi apapun sejak malam sebelumnya sedangkan kita akan mulai beraktivitas sejak pagi hingga malam hari. Meninggalkan sarapan jauh lebih merugikan dibanding meninggalkan sesi makan lainnya.

Bahkan dikatakan pula saat kita terburu-buru di pagi hari, hal itu dapat menyebabkan stress. Bayangkan saja saat kita telat bangun pagi, maka kita juga akan telat dalam bersiap-siap dan berakhir akan telat dalam melakukan aktivitas sepanjang hari.

Cobalah untuk bangun di waktu Subuh, maka kalian akan sangat merasakan manfaat dan sensasinya!

You may also like...