Berbagai Macam Hijab di Seluruh Dunia

Jilbab ataupun Hijab selalu identik dengan pakaian khusus wanita Muslim. Mungkin terlihat membingungkan karena ternyata terdapat berbagai macam jilbab yang berbeda di setiap negara. Namun nyatanya tujuan hijab dan jilbab adalah sama, yaitu untuk menutup aurat secara lengkap.

Sebelumnya perlu diketahui beberapa hal mengenai pakaian wanita Muslim, yaitu:

  • Hijab secara bahasa berarti penutup atau penghalang. Di Al-Qur’an yang diartikan sebagai hijab adalah tirai pembatas, kain penutup, dan lain sebagainya yang digunakan untuk menjaga pandangan pria terhadap wanita. Maka jika dikaitkan dalam berpakaian, hijab adalah keseluruhan pakaian yang menutupi seluruh aurat.
  • Khimar dan kerudung adalah kain yang menutupi kepala (rambut) hingga leher. Perbedaannya adalah khimar menutupi seluruh rambut, leher dan menjulur hingga dada. Sementara kerudung adalah penutup kepala namun tidak menutupi seluruh leher dan dada.
  • Jilbab adalah baju panjang yang menutupi seluruh tubuh kecuali tangan dan wajah. Jilbab dapat pula diartikan sebagai gamis atau abaya.

Mari kita lihat berbagai macam hijab di seluruh dunia.

  1. Abaya

 

gambar dari modestforever

modestforever : abaya

Abaya adalah sebuah kain seperti jubah atau gaun yang menutupi seluruh tubuh kecuali kepala, tangan, dan kaki. Wanita muslim biasa mengenakannya dengan khimar atau kerudung. Adapula yang menambahkan sarung tangan, kaus kaki, dan niqab.

  1. Al-Amira

istimewa

Merupakan dua bagian kain yang terdiri dari kain bagian dalam lalu kain bagian luar yang menyelubunginya.

 

  1. Bushiyya

istimewa

Kerudung yang diikat di bagian dahi lalu menutupi seluruh wajah tanpa ada celah untuk mata. Namun kain yng digunakan tidak terlalu tebal dan sedikit tembus pandang sehingga masih dapat digunakan untuk melihat. Biasa digunakan oleh wanita Muslim di Timur Tengah khususnya Persia.

 

  1. Burqa

istimewa

Kain yang menutupi seluruh tubuh dari kepala hingga kaki tanpa terkecuali, hanya saja di bagian mata terdapat sejenis jaring yang digunakan untuk mempermudah dalam melihat. Burqa biasa digunakan oleh wanita Muslim di Asia Tengah, contohnya saja di Afghanistan.

 

  1. Chador

istimewa

Kain luaran terusan yang digunakan untuk menutupi kepala, tubuh, hingga bagian bawah. Chador tidak memiliki bagian tersendiri untuk tangan sehingga menggunakannya harus seperti dijepit. Chador biasa digunakan oleh wanita Muslim di Iran dan beberapa negara lainnya.

 

  1. Hijab

istimewa

Jika berdasarkan bahasa hijab diartikan sebagai kain yang menutup seluruh tubuh. Namun yang lebih dikenal oleh masyarakat dunia hijab adalah kain penutup kepala yang dapat disusun menjadi modis.

 

  1. Kerudung

 

istimewa

Kerudung merupakan penutup kepala modern dari Indonesia yang biasanya terdapat bagian kaku di bagian dahi. Kerudung dapat dibentuk dengan gaya sesuai selera pemakainya dan cenderung beragam.

 

  1. Khimar

istimewa

Penggunaan kata khimar diambil dari Surah An-Nur ayat 31. Pada masa kini yang disebut khimar adalah kain penutup kepala berbentuk lingkaran dimana terdapat lubang untuk wajah di bagian atas dan panjangnya hingga pinggang atau bahkan paha.

 

  1. Mukena

istimewa

Merupakan hijab khas Indonesia yang biasa digunakan untuk melakukan shalat. Terdapat beberapa macam mukena, seperti yang terdiri dari atasan dan bawahan, terusan dari kepala hingga kaki, terusan tanpa bagian kerudung, dan lain sebagainya.

Sejak dahulu muke identik dengan warna putih, namun seiring waktu terdapat berbagai macam warna, model, serta corak.

 

  1. Niqaab

istimewa

Sebuah kerudung yang menutupi seluruh kepala termasuk wajah, hanya saja terdapat celah untuk mata. Terdiri dari kerudung dan kain yang diikat ke bagian belakang kepala untuk menutupi bagian wajah di bawah mata, adapula yang menambahkan satu kain lagi untuk menutupi dahi dan diikat ke belakang kepala pula. Niqaab banyak dipakai oleh wanita Muslim di Yaman, namun banyak juga dipakai di beberapa negara lain termasuk Indonesia.

 

  1. Selendang

istimewa

Sehelai kain berbentuk persegi panjang yang dipakaikan ke kepala lalu disampirkan ke pundak. Selendang merupakan penutup kepala khas Indonesia dan terkadang dipakai pula diluar kerudung.

 

  1. Shayla

istimewa

Terlihat mirip dengan hijab dan selendang, Shayla merupakan penutup kepala yang terbuat dari kain persegi panjang yang dipakaikan ke kepala lalu disematkan ke bagian pundak. Shayla biasa digunakan oleh wanita Muslim di daerah Persia.

 

  1. Turban

istimewa

Merupakan kain yang diputarkan ke kepala tanpa menutupi leher dan banyak ditemukan di Afrika.

You may also like...