Pesepakbola Muslim di Eropa dan Keislaman Mereka

Pesepakbola Muslim di Eropa dan Keislaman Mereka

Dikenal sebagai benua dengan klub sepakbola yang paling banyak digemari, Eropa juga merupakan benua dengan perkembangan Muslim yang cukup pesat. Tak ketinggalan dengan tokoh-tokoh terkenal, ternyata banyak pula pemain sepak bola yang beragama Islam. Betapa bahagianya pula sebagai Muslim saat melihat saudara-saudara kita ini dengan bangga menunjukkan keislaman mereka.

  1. Emre Can

Pemain sepak bola beragama muslim selanjutnya berasal dari klub Liverpool. Bernama Lengkap Emre Can, pria berdarah Turki ini kerap kali bermain sebagai central midfielder. Meskipun baru berumur 24 tahun, ia sudah mengikuti 150 kompetisi dalam karirnya.

Sama seperti Mesut, Emre seringkali menunjukkan keislamannya dengan berdoa di lapangan tepat sebelum pertandingan dimulai. Ia juga merupakan salah satu pemain terfavorit dengan fans terbanyak di klubnya sendiri.

istimewa

Emre Can sedang berdoa sebelum memulai pertandingan bersama Liverpool Football Club

 

  1. Mesut Ozil

Sering sekali bermain sebagai penyerang di lapangan hijau, pria yang dilahirkan di Jerman pada 29 tahun yang lalu ini diketahui beragama muslim. Tentu saat mendengar namanya saja kita terpikirkan dengan negara dua benua atau Turki. Memang benar, Mesut adalah generasi ketiga dari keluarga percampuran Jerman dan Turki. Namun begitu, seluruh hidupnya telah ia habiskan di Jerman.

Jelas sekali Mesut adalah Muslim dari caranya berdoa sebelum bertanding. Pemain dari klub Arsenal ini beribadah sebelum pertandingan sebagai briefing untuk dirinya sendiri. Mesut pun pergi umrah  pada tahun 2016.

istimewa

Mezut Ozil berdoa sebelum pertandingan bersama timnas Jerman

 

  1. Xherdan Shaqiri

Dilahirkan pada tahun 1991 di Yugoslavia, pemain sepak bola yang satu ini bermain untuk klub asal Swiss bernama Stoke City. Pria bernama lengkap Xherdan Shaqiri ini berimigrasi ke Swiss pada tahun 1992 besama orang tua dan ketiga saudaranya. Xherdan dijuluki sebagai “the Alpine Messi” dan “the Magic Dwarf” karena kelihaiannya dalam memainkan bola tanpa aksi yang dapat diprediksi.

Saat ditanya mengenai Natal ia menjawab “Saya seorang muslim. Jadi kami tidak merayakan natal, namun adik perempuanku menyukai pohon natal, maka kami selalu membelinya.”

istimewa

Xherdan Shaqiri berdoa saat bermain di Bayern Munich

 

  1. Paul Pogba

Siapa yang tidak pernah mendengar klub Juventus? Nah, ternyata di klub ini pun terdapat seorang pemain yang beragama islam. Pemain tersebut bernama Paul Pogba. Bernama lengkap Paul Labile Pogba, pemain sepak bola yang satu ini berasal dari Perancis. Setelah kembali ke rumah asalnya yaitu Manchester United pada tahun 2016 ia menjadi pemain dengan bayaran termahal yaitu sekitar 89 juta poundsterling.

Pada Ramadhan 1438 H ia mengunjungi Mekkah dan dengan bangga ia menunjukkan bahwa ia adalah muslim yang taat dan tidak malu untuk menunjukkan keislamannya. Saat terjadi terror pada konser Ariana Grande di London dan nama Islam tercoreng, seluruh umat muslim yang berada di Inggris mengalami kesulitan.

Namun saat ditanya mengenai hal tersebut, Paul mengatakan “Kalian tidak boleh membunuh sesama manusia. Untuk membunuh sesama manusia.. itu adalah hal yang gila, jadi saya tidak akan menyangkutkannya dengan agama. Ini bukanlah Islam dan semua orang mengetahui itu. Saya tidak akan menjadi satu-satunya yang mengatakan itu.”

istimewa

Paul Pogba berdoa sebelum pertandingan saat berseragam Juventus

  1. Arda Turan

Adalah seorang pemain sepak bola professional yang berasal dari Turki dan bermain untuk klub Barcelona. Pria yang terlahir di tahun 1987 ini merupakan salah satu pemain termahal yang direkrut barcBarcelona terlahir dari keluarga Muslim yang cukup mapan.

Mengenai keislamannya, ia mengaku selalu menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup dan menjadikannya batasan dalam melakukan apapun. Menurutnya membaca Alquran membuat jiwanya tenang. Ia juga kerap kali berdoa saat akan memulai pertandingan dan bersujud syukur saat mencetak gol.

istimewa

Arda Turan berdoa saat berseragam FC Barcelona

Sebenarnya masih banyak pemain sepak bola yang beragama Islam di Eropa yang tidak disebutkan di atas. Namun hendaknya siapapun itu dapat menjadi sebuah contoh baik bagi kita umat Muslim di seluruh dunia.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.