Liburan Menyenangkan, Ini 5 Tips Traveling ke Eropa bagi Muslimah

Pernahkah Anda menonton film “99 Cahaya di Langit Eropa”? Sebuah film yang sarat menggambarkan kehidupan muslim di Benua Biru tersebut.

Seperti yang kita tahu, Eropa merupakan benua dimana penduduk yang beragama Islam sangat minoritas. Oleh sebab itu, beberapa kaum muslim yang tinggal atau sekedar traveling ke benua ini sedikit mengalami kesulitan. Jumlah masjid di Eropa sangat terbatas, tidak seperti di Indonesia yang mudah dijumpai di setiap daerah. Bahkan, di benua dengan kondisi sepak bola yang sangat maju tersebut umat muslim tidak diperbolehkan menjalankan ibadah di sembarang tempat. Selain itu, orang Eropa juga mendiskriminasi muslimah yang menggunakan hijab. Mereka cenderung bersifat acuh dan menjauhi para hijabers.

Meskipun kejadian di atas mungkin menjadi momok yang mengerikan untuk muslimah berhijab yang ingin mengunjungi bangunan-bangunan indah di Eropa, namun Anda tidak perlu merasa khawatir karena berikut ini akan kami berikan tips untuk traveling ke Eropa bagi muslimah yang aman dan nyaman. Yuk, simak ulasannya.

  1. Melakukan Persiapan dengan Matang

    istimewa

    persiapan sebelum jalan-jalan

Persiapan yang matang merupakan langkah utama yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke Eropa agar tidak ada barang yang tertinggal. Jika Anda takut kesulitan mendapatkan makanan halal, sebaiknya membawa bekal makanan yang tidak mudah basi seperti abon atau sambal. Selain itu, carilah informasi musim yang berlangsung ketika melakukan kunjungan ke Eropa untuk menyesuaikan pakaian yang akan digunakan. Hal lainnya yang perlu disiapkan yaitu list tempat apa saja yang akan dikunjungi dan pastikan untuk mencari sedikit informasi tentang tempat-tempat tersebut sebelumnya.

  1. Mendaftarkan Diri ke Kedutaan Besar RI

Setibanya di negara tujuan, sebaiknya langsung mengunjungi KBRI (Kedutaan Besar Republik Indoneisa) yang ada di negara tersebut untuk mendaftarkan kunjungan yang Anda lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk meminta nomor telpon KBRI yang bisa dihubungi jika suatu saat membutuhkan pertolongan. Biasanya, kedutaan tersebut juga akan memberikan informasi terkait tour guide yang bisa disewa selama berlibur di Eropa.

  1. Mengunjungi Organisasi Islam di Eropa

    istimewa

    muslim society di Eropa

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika menginjakkan kaki di Eropa yaitu organisasi Islam. Biasanya, organisasi tersebut dapat ditemukan di masjid-masjid yang ada di Eropa. Melalui organisasi tersebut, Anda akan mengetahui sejarah Islam dan perkembangannya di benua ini. Bahkan, traveler juga akan diajak kaum muslim Eropa untuk berkeliling mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam. Tidak perlu takut atau khawatir karena kaum muslim disana memiliki rasa persaudaraan yang tinggi. Adanya organisasi ini juga membuat Anda lebih nyaman dan percaya diri.

  1. Jangan Berkeliling Eropa Sendirian

Eropa merupakan benua dengan kasus pencopetan dan pencurian yang tinggi sehingga sangat berbahaya untuk solo traveler. Jika traveling ke negara-negara di Eropa sebaiknya mengajak teman atau saudara. Anda juga bisa berkunjung sendirian apabila sudah memiliki kenalan yang tinggal di negara tersebut.

  1. Nikmati Liburan Sebaik Mungkin
    istimewa

Tips terakhir untuk traveler yang akan berkeliling Eropa yaitu menikmati liburan dengan sebaik-baiknya. Buatlah diri Anda senyaman mungkin dan jangan takut dengan tatapan mereka jika menggunakan hijab. Tetap percaya diri dan beramah tamahlah dengan siapapun yang Anda temui.

Itulah tadi tips traveling bagi muslimah yang ingin menikmati indahnya Eropa. Pada intinya lakukan persiapan sebaik mungkin dan selalu waspada terhadap orang di sekitar terutama yang baru Anda kenal. Sangat disarankan untuk menyewa tour guide yang memang sudah disediakan dari pihak Kedutaan Besar RI di Eropa jika Anda ragu-ragu untuk traveling sendirian.

 

 

You may also like...